Untuk Latihan, klik 📝 Daftar Latihan Psikotes Online

Bagaimana Cara Lolos Psikotes Gambar Pohon

Bagaimana cara lolos psikotes gambar pohon? Seperti yang kita tahu, proses rekrutmen merupakan salah satu kunci utama dalam rangka menentukan sumber daya manusia yang profesional. Tentunya, hal ini bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan.

Terdapat beberapa tahapan yang harus kamu lewati saat menjalani proses rekrutmen di posisi tertentu pada suatu perusahaan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat lolos tes psikotes, khususnya lolos psikotes menggambar pohon.

Bagaimana Cara Lolos Psikotes Gambar Pohon

Selain melampirkan surat lamaran pekerjaan yang ditulis dengan tangan, nyatanya kondisi psikologis calon karyawan pun dapat terbaca melalui cara mereka dalam menggambar sesuatu. Salah satunya dalam mengerjakan tes psikotes gambar.

Tes psikotes gambar menjadi salah satu materi yang akan diujikan pada setiap calon karyawan yang sedang melalui proses rekrutmen, baik saat melamar di instansi pemerintah maupun instansi swasta.

Tips Menggambar Pohon

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui kemampuan, sikap serta sifat dari sisi psikologis calon karyawan tersebut. Dengan adanya tes ini, diharapkan tim penguji akan dapat melakukan analisa, personaliti maupun latar belakang dari segi emosional. Berikut ini merupakan tips menggambar pohon agar lolos tes psikotes :

  1. Gambarlah pohon secara lebih detail dan terperinci. Pohon yang digambar haruslah mengandung unsur daun yang rindang, ranting yang bercabang dan melengkapinya dengan bunga atau buah-buahan hingga melengkapinya dengan akar-akar pohon.
  2. Sering-seringlah berlatih menggambar pohon yang memiliki banyak manfaat. Contohnya, seperti pohon apel.
  3. Pilihlah jenis pohon yang berkambium.
  4. Hindari pula menggambar pohon yang sederhana, seperti pohon bambu, pisang, pepaya, cemara, kelapa, beringin dan pohon-pohon yang tidak memiliki kambium.
  5. Usahakan untuk menggambar daun yang benar.
  6. Gambarlah pohon dengan ukuran yang proporsional. Ukuran batang, buah, ranting hingga daun haruslah sesuai dan seimbang.
  7. Gambarlah pohon secara simetris. Gambar berada di tengah-tengah kertas, tidak terlalu ke kanan, kiri, bawah ataupun terlalu ke atas.
  8. Berikanlah judul yang sesuai dengan jenis pohon yang kalian gambar, sehingga akan mempermudah penguji untuk menerjemahkan maksud dari gambar pohon yang kalian buat.
  9. Persiapkan gambar pohon apa yang akan kalian gambar sebelum melakukan tes psikotes ini.
  10. Perhatikan pula tarikan garis pada saat menggambar, usahakan jangan terlalu tebal ataupun terlalu tipis.

Cara Lolos Psikotes Gambar Pohon

Jika menilik lebih dalam lagi, sebenarnya gambar-gambar pohon yang digambar oleh para calon pekerja, sebenarnya memiliki makna tersendiri dari setiap unsur yang ada pada gambar. Hal ini pula yang diperhatikan oleh para penguji pada saat proses rekrutmen.

Berikut ini merupakan makna-makna tes psikotes gambar pohon yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa menggambar pohon dengan tepat dan dapat lolos :

Letak pohon

Peletakan gambar pohon yang tergores di atas kertas, sebenarnya memiliki arti tersendiri. Menggambar pohon di posisi atas menunjukkan bahwa calon pekerja tersebut memiliki cara pandang yang tinggi dalam memandang kehidupan.

Setiap kegagalan yang dilalui, akan dijadikan sebagai pengalaman pembelajaran yang berharga. Sehingga orang yang menggambar pohon di posisi atas kertas, dinilai dapat mengambil semua hikmah dari setiap permasalahan yang dilewatinya.

Jika gambar pohon tersebut di gambar pada posisi di tengah-tengah kertas, hal ini berarti bahwa orang tersebut dikenal sebagai sosok yang praktis serta rendah hati. Apabila gambar berada di posisi bawah, hal ini berarti bahwa orang tersebut lebih menyukai melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan suatu pilihan.

Batang pohon

Batang pohon dilambangkan dengan kekuatan emosional yang dimiliki. Batang pohon yang lebar memiliki arti bahwa orang tersebut memiliki emosi yang stabil, selalu bersikap tenang, tidak mudah marah-marah serta memiliki pendirian yang sangat kuat.

Sebaliknya, apabila batang pohon yang digambar terlihat ramping maka orang tersebut memiliki kepribadian yang fleksibel serta terbuka dengan pandangan atau pendapat orang lain.

Ia pun dikenal memiliki kepribadian yang lebih sensitif serta memiliki rasa empati yang cukup besar terhadap permasalahan orang lain.

Namun, apabila gambar pohon memiliki pucuk yang bercabang, dapat diartikan bahwa orang tersebut sedang terpecah di antara beberapa pilihan hidupnya.

Tinggi pohon

Gambar pohon yang memiliki ukuran lebih tinggi atau lebih dari setengah tinggi kertas, menunjukkan bahwa orang itu memiliki hasrat yang besar untuk dapat mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup.

Seseorang ini pun dikenal sebagai sosok yang dermawan apabila membahas soal harta, khususnya uang. Dalam situasi bekerja, ia lebih dikenal sebagai seseorang yang teliti dan selalu melakukan pengecekan ulang terhadap setiap pekerjaan yang ia selesaikan untuk memastikan bahwa hasil kerjanya telah sempurna.

Sebaliknya, apabila pohon yang digambar tidak terlalu tinggi atau bahkan tidak melebihi setengah dari tinggi kertas, diartikan sebagai sosok yang merasa puas dengan hidup apa adanya selalu bersyukur serta berhemat.

Dahan pohon

Jika seseorang menggambar pohon yang dilengkapi dengan dahan-dahan, berarti ia merupakan sosok orang yang lebih mengandalkan kemampuan otak kiri. Hal ini berarti bahwa ia merupakan sosok yang selalu berpikir logis serta analitis.

Sebaliknya, apabila hanya menggambar kerangka dasar dari pohon yang tidak memiliki dahan, berarti ia lebih mengandalkan otak kanan. Kemampuannya menggunakan insting dalam segala sesuatunya, mulai dari menerima pekerjaan hingga menjalin pertemanan dengan orang baru.

Arah pohon

Arah pohon yang digambar pun memiliki arti tersendiri. Apabila pohon cenderung ke arah kiri, itu berarti ia merupakan sosok yang memilih memendam apa saja yang sedang dipikirkannya. Sikap ini menunjukkan bahwa ia termasuk orang yang konservatif dan introvert.

Sebaliknya, apabila pohon tersebut cenderung ke arah kanan, melambangkan kepribadian yang lebih berorientasi pada aksi. Dan pohon yang lurus melambangkan bahwa ia termasuk pribadi yang senang menutup diri.

Itulah beberapa tips bagaimana cara lolos tes psikotes gambar pohon beserta makna-maknanya.

 

 

 

5/5 - (1 vote)

Jangan lupa share ya kak :)


Cek juga postingan ini...


Coba latihan TRY OUT soal SKD CPNS 2022. Kamu bisa daftar (klik) di AYOCPNS. Gunakan Kode Promo/Referral: 52CPI3 untuk mendapatkan harga khusus. Sukses buat kamu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Berlangganan Email 👇
Loading