Untuk Latihan, klik 📝 Daftar Latihan Psikotes Online

7 Tips Trik Lolos Test Psikotes dengan Lancar

Perlu kamu ketahui apa saja tips trik lolos test psikotes dengan lancar, karena sudah ada banyak orang yang berpendapat bahwa psikotes merupakan salah satu jenis tes yang memiliki faktor ketidakpastian dan dapat menunjukkan potensi logika dalam diri seseorang. Jadi, bisa dipastikan bahwa kemampuan akademik tidak akan mampu menjamin kelulusan proses psikotes ini.

Seberapa besar kemampuan akademik yang kamu miliki, tidak dapat menjamin kamu bisa lolos dari tes psikotes. Maka dari itu, agar kamu bisa melalui proses ini secara lancar dan 100% lolos, kamu harus tahu bagaimana tips untuk melakukannya. Sekarang, informasi seperti ini bisa kamu temukan di internet secara lebih mudah.

7 Tips Trik Lolos Test Psikotes dengan Lancar

Jadi, sebelum kamu mengikuti tahapan psikotes di suatu tempat tertentu, ada baiknya jika kamu memahami tips-tipsnya dengan baik terlebih dahulu. Apalagi, tes psikologi ini juga bertujuan untuk mengukur aspek psikis dari seseorang tertentu, sehingga kamu wajib melaluinya dengan persiapan diri yang matang.

7 tips trik lolos test psikotes, 100% berhasil!

Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang tips dan trik tersebut, mari kita mengenal tentang apa itu psikotes terlebih dahulu.

Pada dasarnya, psikotes adalah serangkaian pertanyaan atau tes tertulis yang bersifat visual maupun verbal, dan akan dilakukan oleh seorang profesional untuk kebutuhan klien tertentu. Proses tes psikologi ini akan bertujuan untuk menilai fungsi kognitif dan emosional dalam diri seseorang, sehingga dapat menggambarkan kepribadian seseorang secara lebih menyeluruh.

Biasanya, jenis tes psikologi ini akan digunakan untuk merekrut karyawan baru dalam suatu perusahaan tertentu. Jadi, jika kamu ingin diterima kerja di perusahaan impian, ada baiknya jika kamu menerapkan beberapa tips dan trik lolos test psikotes berikut ini:

1. Mulailah dengan memahami soal-soal psikotes

Ketika kamu sudah menerima soal psikotes, luangkan waktu kamu sejenak untuk memahami soal-soal yang ada di depan kamu tersebut. Umumnya, kamu akan dihadapkan dengan puluhan soal yang cukup rumit, sehingga kamu perlu memahaminya terlebih dahulu. Nantinya, dengan memahami format soal yang ada di depan kamu tersebut, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik untuk mengatur waktu menjawab soal-soal yang ada itu.

2. Kenali kecepatan diri kamu dengan baik

Perlu kamu ketahui bahwa umumnya sebagian besar tes psikotes akan memiliki beberapa persyaratan waktu tertentu, sehingga penting untuk kamu lakukan menjawab soal-soal yang ada tersebut dengan kecepatan yang tepat. Dalam hal ini, kamu perlu mengenali kecepatan diri kamu terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal psikotes tersebut. Sebagai saran, berikan batasan waktu selama 30-60 detik untuk setiap pertanyaan yang ada.

3. Jawab pertanyaan-pertanyaan yang mudah terlebih dahulu

Meskipun sebagian besar soal psikotes akan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, tapi hal ini tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa soal lainnya yang memiliki tingkat kemudahan cukup tinggi juga. Jadi, ketika kamu merasa kesulitan untuk menjawab 1 pertanyaan, kamu bisa melewatkannya dulu dan memberi pertanyaan tersebut tanda yang jelas. Dengan begitu, nantinya kamu tidak akan lupa untuk menjawab pertanyaan tersebut.

4. Gunakan proses eliminasi yang baik dan benar

Banyak orang yang beranggapan bahwa pertanyaan ganda dalam proses ini akan menjadi pertanyaan termudah yang bisa mereka jawab. Namun, jangan biarkan hal ini membuat kamu terlalu percaya diri. kamu tetap harus menggunakan strategi yang tepat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Ketika menemukan pertanyaan yang tidak diketahui jawabannya, kamu bisa membaca pilihan jawaban dengan cermat, lalu lakukan proses eliminasi opsi yang menurut kamu paling tidak masuk akal.

5. Baca setiap pertanyaan dengan seksama

Strategi lain yang bisa kamu gunakan untuk melalui tes psikotes adalah dengan membaca setiap pertanyaan yang ada secara seksama. Jangan langsung merumuskan suatu tanggapan pada setiap pertanyaan yang ada, karena hal ini akan menjadi kerugian tersendiri untuk kamu. Baca secara perlahan pertanyaan-pertanyaan yang ada di depan kamu, supaya tidak ada soal atau pertanyaan yang terlewat. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam menjawabnya.

6. Gambarkan kepribadian kamu dengan sebaik mungkin

Biasanya, di dalam tes psikologi ini akan ada soal menggambar tertentu yang dapat menggambarkan kepribadian kamu secara tepat. Nantinya, jika kamu menjawab pertanyaan gambar ini dengan cara yang biasa, maka hal ini dapat membuat penilaian tingkat kecerdasan kamu dianggap biasa juga. Tentu hal ini berbeda jika kamu berhasil menjawab pertanyaan tersebut dengan menggambar suatu hal yang cukup unik, maka penilaian tingkat kecerdasan kamu akan mendapat nilai tambah tersendiri.

7. Salurkan kreativitas kamu di beberapa pertanyaan tertentu

Tuangkan imajinasi dan kreativitas dalam diri kamu di beberapa pertanyaan tertentu. Dalam hal ini, hasil dan nilai kamu akan sangat berpengaruh terhadap jawaban yang akan kamu berikan. Maka dari itu, selalu salurkan kreativitas kamu dengan sebaik mungkin, agar jawaban kamu nanti bisa menjadi nilai tambah tersendiri untuk kamu. Dengan begitu, peluang kamu untuk bisa diterima di perusahaan impian akan semakin tinggi.

Akhir kata

Kamu perlu menjawab tes psikotes dengan sebaik mungkin, agar pihak perekrut bisa menilai kepribadian dan kemampuan kamu dengan baik juga.

Semakin baik jawaban yang kamu berikan, maka semakin tinggi peluang kamu untuk diterima bekerja di perusahaan impian. Maka dari itu, ikuti beberapa tips trik lolos test psikotes yang ada di atas, agar kamu bisa mendapat hasil yang lebih sesuai harapan.

5/5 - (1 vote)

Jangan lupa share ya kak :)


Cek juga postingan ini...


Coba latihan TRYOUT PPPK 2022. Kamu bisa daftar (klik) di AYOPPPK. Gunakan Kode Promo/Referral: PROMOP3K untuk mendapatkan harga khusus. Sukses buat kamu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berlangganan Email 👇
Loading

BIMBEL & TRYOUT SKD IPDN, Sekolah Kedinasan 2023 dan PPPK 2022