Inilah Trik Tes Irama Gambar Psikotes Yang Harus Kamu Tahu

Bagi kamu yang hendak mengikuti ujian psikotes, tentunya sangatlah penting untuk mengetahui trik tes irama gambar psikotes. Sebab dengan mengetahui trik untuk menjawab soal tes irama gambar, kesempatan kamu untuk mendapatkan nilai yang tinggi akan terbuka lebar.

Inilah Trik Tes Irama Gambar Psikotes Yang Harus kamu Tahu!

Oleh karena itulah, pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai tips untuk menjawab soal psikotes irama gambar.

Trik Tes Irama Gambar Psikotes

Meskipun terlihat sulit, ternyata untuk menjawab soal tes irama gambar cukup mudah asalkan kamu sudah mengetahui tips dan triknya. Untuk itu, sebelum mengikuti ujian psikotes irama gambar kamu harus tahu triknya terlebih dahulu. Nah, adapun tips dan trik untuk menjawab soal-soal tes irama gambar adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Bentuk

Trik yang pertama untuk menjawab soal ujian psikotes yang pertama adalah memperhatikan bentuk dari gambar tersebut. Perhatikan bentuk apa saja yang ada pada soal tersebut, apakah lingkaran, segitiga, garis abstrak dan lain sebagainya. Agar tidak lupa buatlah catatan kecil di samping soal mengenai gambar.

Jika kamu sudah mengetahui gambar apa saja yang ada pada soal, selanjutnya tugas kamu adalah mencari bentuk yang hilang pada soal tersebut. Jika sudah ketemu, kamu hanya perlu fokus dengan jawaban yang menyediakan bentuk tersebut. Abaikan opsi jawaban lainnya yang tidak menyediakan gambar tersebut sebab sudah tentu jawabannya salah.

Namun biasanya untuk mengecoh kamu, gambar tersebut akan ada di beberapa opsi jawaban. Jika sudah begini, maka yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan faktor lainnya. Sebab, jika kamu hanya terfokus pada bentuk tersebut besar kemungkinan kamu akan terkecoh.

2. Perhatikan Warna

Setelah kamu mengetahui bentuk dari jawaban soal tersebut, maka langkah selanjutnya kamu harus memperhatikan warna yang ada pada gambar tersebut. Seperti yang kamu ketahui, umumnya warna yang ada pada gambar tersebut adalah hitam dan putih. Namun terkadang ada juga gambar di dalamnya terdapat corak seperti garis-garis atau bahkan warna-warna terang seperti merah dan lain sebagainya.

Karena itu kamu harus jeli, warna manakah yang harusnya sesuai untuk gambar tersebut. Nah untuk menjawabnya, kamu bisa melihat pola perpindahan warnanya. Bisa juga dengan melihat kebalikan dari soal tersebut. Jadi semisal pada soal warna yang ada pada gambar adalah putih, maka besar kemungkinan jawabannya adalah kebalikannya.

Karena itulah, kamu perlu jeli memahami warna apa yang merupakan jawaban  yang paling benar. Asal kamu memahami urutannya maka tidak akan sulit untuk kamu menentukan warna manakah yang merupakan jawaban yang paling benar.

3. Perhatikan Letak Gambar

Langkah selanjutnya untuk menentukan jawaban dari tes irama gambar adalah dengan memperhatikan letak dari gambar tersebut. Umumnya pada soal, letak dari gambar akan berpindah dari kedudukan aslinya. Misalnya pada poin 1 gambar segitiga berada pada bagian atas sedangkan poin 2 berada di bagian bawah.

Nah, untuk melengkapi jawaban ini kamu bisa melihat posisi manakah yang belum pernah ditempati sebelumnya oleh gambar segitiga tersebut. Berdasarkan informasi tersebut tentunya kamu sudah bisa menebak dimanakah letak yang paling tepat untuk gambar segitiga, yaitu berada pada bagian tengah.

Perlu kamu ingat, urutan ini besar kemungkinan tidak akan berubah dan sifatnya pasti. Karena itu, jika kamu dapat menebak urutan dari posisi atau letak gambar maka sudah tentu jawaban kamu tidak akan salah.

4. Perhatikan Jumlahnya

Jumlah dari bentuk gambar juga dapat menjadi kunci untuk menemukan jawaban yang benar. Karena itu, kamu perlu memperhatikan jumlah dari suatu bentuk gambar agar tidak salah memilih jawaban. Perhatikan setiap jumlah dari bentuk gambar, dan perhatikan urutan dari jumlah yang ada pada soal.

Contoh sederhananya adalah pada poin A gambar lingkaran berjumlah 2, sedangkan poin B berjumlah 4 maka untuk melengkapinya jawabannya adalah 6. Hal ini didapatkan dari penjumlahan 2 pada setiap jumlah bentuknya. Namun penentuan jumlah ini tidak selalu didasari oleh penambahan namun juga bisa pengurangan, perkalian, atau bahkan pembagian.

5. Perhatikan Arah Hadap Gambar

Tes Irama Gambar Psikotes

Foto: kibrispdr.org

Trik terakhir yang sangat penting untuk bisa menjawab soal tes irama gambar adalah urutan dari arah hadap gambar. Urutan ini umumnya berkaitan dengan perubahan dari posisi bentuk gambar tersebut. Jadi misalnya gambar pada awalnya menghadap atas berpindah menjadi menghadap ke bawah. Selain itu bisa juga perpindahan ini didasarkan oleh arah jarum jam.

Tugas kamu di sini adalah menemukan urutan dari perpindahan arah gambar. Umumnya hal ini adalah yang paling sulit untuk dilakukan sebab urutan perpindahan gambar terkadang sedikit mengecoh. Walaupun begitu urutan perpindahan arah hadap gambar ini sebenarnya sangatlah pasti.

Jadi itulah tadi informasi singkat mengenai trik tes irama gambar psikotes yang harus kamu ketahui agar mendapatkan skor tinggi. Semoga informasi singkat yang kami sampaikan di atas dapat berguna dan dapat menambah wawasan kamu.

Try out soal psikotes

Untuk berlatih soal-soal tryout psikotes, kalian bisa langsung cek pada website tryout.one

Pada website tersebut, akan tersedia latihan psikotes seperti psikotes angka hilang, tes psikotes gambar denah rumah atau lokasi, tes psikotes water image, mirror image, psikotes numerik, psikotes lipatan kertas, daya ingat, perbedaan gambar, psikotes konstruksi bentuk, dan masih banyak lagi.

Masuk saja pada kategori latihan psikotes.

Sukses selalu ya.

5/5 - (1 vote)

Jangan lupa share ya kak :)

Immer Manalu

Selain suka fotografi & sebagai seorang blogger, saya juga fokus menulis berbagai topik pada media online seperti pada blog latihanpsikotes.com untuk latihan soal-soal psikotes online.


Cek juga postingan ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berlangganan Email 👇
Loading

Kata Motivasi Hari ini