Untuk Latihan, klik 📝 Daftar Latihan Psikotes Online

Rahasia Agar Bisa Gampang Lolos Psikotes Kerja

Apa rahasia lolos psikotes kerja? Saat kita melamar ke suatu perusahaan, pasti terdapat beberapa tahapan seleksi saat proses rekrutmen pekerjaan. Salah satu tahapan seleksinya adalah berupa tes psikotes.

Tujuannya tentu saja untuk menunjukkan potensi logika dari para calon pekerja. Dengan banyaknya calon pekerja yang melamar, perusahaan pasti akan memilih calon pekerja yang lebih unggul. Lantas, bagaimanakah cara mengerjakan tes psikotes tersebut?

Rahasia Lolos Psikotes Kerja

Apa Rahasia Agar Bisa Gampang Lolos Psikotes Kerja? Ketahui Jenis-Jenis Psikotes Terlebih Dahulu!

1. Tes kemampuan verbal

Jenis tes psikotes ini meliputi persamaan kata (anonim), lawan kata (antonim), analogi serta kolerasi makna. Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan calon pekerja dalam menghadapi suatu kondisi tertentu.

2. Tes wartegg

Tes psikotes wartegg bertujuan untuk dapat mengetahui karakter calon pekerja, seperti kemampuan calon pekerja dalam menyelesaikan suatu masalah, seberapa ulet calon pekerja tersebut, kemampuan dalam beradaptasi dan lain sebagainya.

Saat melakukan tes ini, calon pekerja akan diberikan selembar kertas yang berisikan 8 kotak dengan pola yang berbeda-beda, mulai dari pola berbentuk garis melengkung hingga pola berbentuk titik saja.

Disini, kalian akan dituntut untuk dapat menggambar lanjutan dari pola-pola yang ada pada soal, sesuai dengan tingkat imajinasi dan kreativitas yang dimiliki. Usahakan untuk mengerjakannya mengikuti urutan gambar yang ada, yaitu dari kiri ke kanan.

3. Tes logika aritmatika

Jika kalian hendak melamar di sebuah perusahaan dengan posisi yang melibatkan banyak kegiatan yang memerlukan hitungan, seperti data analisis, finance ataupun posisi software engineering, pasti kalian akan dipertemukan dengan soal tes logika aritmatika ini.

Calon pekerja akan dituntut untuk dapat memecahkan deretan-deretan angka tersebut menggunakan cara pembagian, perkalian, penjumlahan, pengurangan, pecahan angka dan persentase. Daya fokus serta konsentrasi yang tinggi sangat diperlukan untuk dapat melalui ujian tes ini.

4. Tes logika deret gambar atau penalaran

Jenis tes ini memiliki konsep yang hampir sama dengan tes logika aritmatika. Bedanya, pada tes ini menggunakan media gambar dengan 3 atau 2 dimensi. Kunci saat mengerjakan soal tes ini adalah berkonsentrasi serta perhatikan dengan cermat pola-pola yang ada. Janganlah melewatkan detail sekecil apapun, seperti penempatan titik atau perputaran warnanya.

5. Tes pauli atau koran

Tes pauli atau yang biasa disebut sebagai tes koran merupakan tes yang menggunakan perhitungan sederhana dan dapat dikatakan terlihat agak mudah untuk dikerjakan. Tugas kalian hanyalah mengerjakan tes ini dengan menjumlahkan deret angka-angka mulai dari angka 0 hingga 9 yang tersusun secara vertikal.

6. Tes menggambar manusia atau pohon

Pada tes ini, penguji akan menyuruh kalian untuk dapat menggambar pohon di atas kertas yang berukuran A4. Dalam tes ini, sama sekali tidak diperkenankan untuk menggambar pohon kelapa atau tumbuh-tumbuhan yang berukuran kecil. Kriteria gambar pohon yang harus dibuat merupakan gambar pohon yang memiliki ranting.

Sama halnya dengan menggambar karakter manusia. Pada tes ini, tidak dinilai dari keindahan atau nilai estetikanya tetapi penguji hanya akan melihat karakter serta kepribadian yang ada di dalam diri kalian.

7. Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)

Diantara jenis-jenis tes psikotes lainnya, tes ini dapat dikatakan sebagai tes yang paling mudah. Tujuannya adalah untuk mengetahui sisi dari kepribadian serta karakter yang kalian miliki secara lebih mendetail.

Walaupun tes ini terkesan mudah, namun jangan sekali-sekali menjawabnya dengan asal-asalan karena konsistensi kalian saat mengerjakan soal sangat diperhatikan. Berusahalah untuk dapat menjawab semua pertanyaan yang ada ada, walaupun pada soal tersebut tidak sesuai dengan kepribadian yang kalian miliki.

Pada tahap ini, kepribadian serta kesesuaian pekerjaan dengan dirimu akan terlihat. Maka dari itu, tes ini digunakan sebagai salah satu acuan seperti apa suasana kerja, baik dari segi budaya serta sistem yang diterapkan oleh kantor tersebut.

8. Tes army alpha intelegence

Tes ini merupakan tes yang termasuk sering diujikan pada ujian psikotes selain jenis-jenis tes lainnya. Setiap tes pun memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Adapun tes ini memiliki 12 soal yang akan diuji terkait daya tangkap, ketelitian, kecepatan serta ketepatan dalam mengerjakan soal yang diberikan.

Tips Lulus Psikotes Kerja dengan Mudah

1. Lihat soal terlebih dahulu

Pastikan untuk jangan terburu-buru dalam mengerjakan setiap soal yang ada. Luangkanlah sedikit waktu untuk memeriksa soal-soal yang ada. Dengan begitu, kalian akan bisa mendapatkan gambaran dari jawaban-jawaban tersebut dan mampu mengerjakannya dengan tepat waktu.

2. Kerjakan sesuai urutan

Usahakan untuk mengerjakan soal-soal secara berurutan agar tidak ada satupun yang terlewat. Biasanya, setiap soal yang ada pada masing-masing tes memiliki persyaratan serta waktu yang berbeda-beda. Maka dari itu, tetaplah tenang dan fokus mengerjakan soal agar tidak mudah terdistraksi dengan lingkungan sekitar.

3. Gunakanlah teknik eliminasi

Mulailah menjawab dari pertanyaan termudah yang bisa kalian jawab dengan cepat. Jangan terlalu lama memikirkan jawaban di satu soal saja karena hal tersebut hanya akan membuang banyak waktu.

Bacalah setiap pertanyaan dengan teliti dan pahami maksud kata-katanya satu persatu karena bisa saja pertanyaan yang hanya dibaca sekilas menjadi terkesan tidak masuk akal dan sulit untuk dijawab.

4. Bacalah pertanyaan seteliti mungkin

Strategi ini merupakan salah satu strategi umum namun sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, kalian bisa saja melewatkan poin-poin penting yang terdapat pada soal apabila kalian mengerjakannya tanpa membaca dengan teliti.

Biasanya, pertanyaan-pertanyaan pada tes psikotes terdapat banyak sekali pertanyaan menjebak atau pertanyaan-pertanyaan yang tidak masuk akal. Kuncinya, bacalah pertanyaan tersebut berulang-ulang kali dan pahami setiap kata yang ada. Dengan begitu, kalian akan bisa mengerti maksud dari isi pertanyaan tersebut

Itulah beberapa strategi mudah yang dapat menjawab pertanyaan kalian seputar apa rahasia lolos psikotes kerja dengan mudah.

Sukses selalu dan pastikan kamu mengerjakan berbagai latihan psikotes pada daftar psikotes online di website ini.

5/5 - (1 vote)

Jangan lupa share ya kak :)


Cek juga postingan ini...


Coba latihan TRYOUT PPPK 2022. Kamu bisa daftar (klik) di AYOPPPK. Gunakan Kode Promo/Referral: PROMOP3K untuk mendapatkan harga khusus. Sukses buat kamu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berlangganan Email 👇
Loading

BIMBEL & TRYOUT SKD IPDN, Sekolah Kedinasan 2023 dan PPPK 2022