Kisi-kisi Psikotes Toyota Astra Motor Berikut Pembahasannya

Kisi-kisi soal dan jawaban psikotes Toyota Astra Motor secara khusus akan kita bahas dalam artikel kali ini. Psikotes adalah serangkaian tes yang biasanya akan diberikan oleh perusahaan kepada calon karyawan baru.

Pelaksanaan psikotesnya bisa secara bersamaan dengan calon karyawan lain dalam jumlah banyak atau dilaksanakan secara lebih privat atas undangan HRD. Setiap perusahaan memiliki karakteristik tersendiri dalam melaksanakan psikotes.

Kisi-kisi Psikotes Toyota Astra Motor Berikut Pembahasannya!

Foto: freepik.com

Kali ini kita coba ulas psikotes dari Toyota Astra Motor dan memberikan jawabannya sekaligus. Perlu diingat bahwa kisi-kisi ini adalah gambaran saja, bukan pasti soalnya akan keluar sama ketika tes asli.

Baca juga Panduan Memperoleh Peluang Lolos: Contoh Soal Tes Psikotes Indomaret

Psikotes Toyota Astra Motor

Pelaksanaan tes seleksi biasanya akan dijadwalkan secara khusus dari perusahaan. Namun, jika kamu merasa sudah mengirimkan lamaran kerja maka bisa tengok gambaran soal berikut jawabannya melalui poin-poin berikut:

1.  Tes Kraepelin

Kraepelin merupakan tes yang mengurutkan angka dalam bentuk vertikal secara acak, tidak sesuai urutan dari 1-9. Dari satu lembar kertas bisa ada lebih dari satu kolom yang isinya angka acak memanjang dari atas ke bawah.

Di sini kamu harus menjumlahkan dua angka dari kanan atas sampai kiri bawah tanpa terkecuali. Sebagai saran, kerjakan dari kiri atas terlebih dahulu kemudian lompat ke kanan bawah.

Misal, dalam mengerjakan psikotes Toyota Astra Motor dimulai dari atas kiri sebanyak 5 angka. Lanjut lagi ke kanan bawah sebanyak 5 angka juga.

Kita anjurkan begitu karena sistem penilaian dari tes ini adalah menggunakan grafik. Jika mengerjakan secara berurutan maka besar kemungkinan di bagian terakhir yang posisinya di kanan bawah akan menurun.

2. Gambar Pohon dan Orang

Menggambar ketika psikotes bukan hal baru, ini juga akan kamu temukan ketika tes di Astra. HRD akan meminta kamu menggambar orang dan pohon, kamu bisa bebas menggambar siapa saja orangnya dan apa saja pohonnya.

Sebagai saran, gambarlah orang dengan anggota tubuh lengkap, dari rambut sampai dengan kaki. Tuliskan nama orang tersebut, kelebihan, serta kekurangannya.

Sangat dianjurkan ketika mengerjakan psikotes Toyota Astra Motor ini untuk memilih orang yang karirnya jelas dan ekonominya mapan. Hindari memilih orang yang tidak memiliki deskripsi jelas tentang kehidupannya.

Sementara itu gambar pohon bisa apa saja asalkan hindari pohon pisang, bambu, juga pepaya. Pohon jadi acuan HRD menilai interpretasi kamu sebagai calon karyawan baru.

3. Tes Wartegg

Wartegg ini memberikan kertas bergambar delapan kotak berisi potongan bentuk yang berbeda-beda. Kamu akan diminta melanjutkan potongan bentuk tersebut menjadi bentuk baru apapun sesuai yang terlintas di kepala.

Tips untuk mengerjakan tes wartegg adalah hindari pengerjaan secara berurutan dari kiri ke kanan. Selain itu, hindari menyambungkan bagian potongan benda tersebut menjadi benda yang cenderung tajam atau runcing ujungnya.

Nantinya wartegg yang menjadi salah satu soal psikotes Toyota Astra Motor akan mampu menilai kepribadian kamu. Penilaian terhadap kepribadian ini tentu penting bagi perusahaan.

Dari pribadi setiap karyawan bisa dinilai apakah cocok dengan budaya perusahaan atau tidak. Kepribadian yang dinilai sebelumnya juga menjadi acuan bagi perusahaan untuk melihat seberapa lama tujuan besar perusahaan mampu tercapai dengan peranan para pekerjanya.

4. Tes Matematika Dasar

Sebenarnya tes yang diberikan merupakan dasar sekali dan sudah pasti ditemukan di bangku sekolah. Namun, perbedaan usia dengan pelajar kadang juga membuat peserta tes lupa dengan cara pengerjaannya.

Kisi-kisi psikotes Toyota Astra Motor kategori matematika dasar adalah menerapkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, juga pembagian pada semua bilangan. Artinya, kamu harus belajar semua operasi tadi pada bilangan desimal, bulat, dan bilangan lainnya.

Penyajian soal bisa dalam bentuk apa saja, termasuk penyajian soal matematika berbentuk cerita. Kunci berhasil lolos dari jenis tes ini tidak lain adalah menguasai dasar matematika sebaik mungkin.

Perusahaan tidak akan meminta kamu melakukan tes dengan rumus yang rumit karena pada dasarnya tes ini untuk mengukur kemampuan menghitung barang. Orang-orang yang melamar pada bidang produksi wajib khatam soal tes ini.

5.  Tes TIU

TIU (Tes Intelegensi Umum) ternyata bukan hanya jenis tes yang bisa kamu temukan ketika melamar posisi CPNS di berbagai instansi pemerintah. Ketika mengikuti psikotes Toyota Astra Motor, TIU juga akan diberikan kepada seluruh calon karyawan baru.

Sesuai namanya, tes ini menilai intelegensi calon karyawan baru melalui gambar. Kamu bisa diminta mencari gambar yang sama atau mengubah bentuk gambar tersebut.

Biasanya jenis tes ini akan memberikan sebanyak tiga gambar, dimana gambar keempatnya harus kamu tebak. Misal, bentuk segitiga ada tiga, diurutkan dengan posisi berbeda, tetapi terpola.

Dari ketiga gambar tersebut, kamu bisa menjawab posisi segitiga pada urutan keempat dengan pola yang sama. Jenis tes TIU ini biasanya hadir dengan model soal pilihan ganda.

Kurang lebih itu serangkaian tes yang akan kamu temukan ketika mengikuti seleksi di Toyota Astra Motor. Lolos psikotes tentu tidak menjadi satu-satunya pertimbangan kamu diterima kerja karena masih banyak serangkaian tes lainnya lagi.

Pentingnya Mempersiapkan Alat Tulis

Psikotes biasanya dilaksanakan paling awal dibandingkan jenis tes maupun wawancara lainnya. Sebagai informasi, perusahaan sebesar Toyota Astra Motor bekerja sama dengan pihak profesional atau pihak ketiga dalam melaksanakan tes calon karyawan.

Sebelum mengerjakan psikotes, alangkah baiknya mempersiapkan alat tulis dengan lengkap terlebih dahulu. Salah satu yang penting dan belum tentu banyak orang lakukan adalah mempersiapkan pensil yang sudah diraut sebanyak 4 buah atau lebih.

Tujuannya agar memudahkan pengerjaan soal demi soal psikotes Toyota Astra Motor tanpa perlu terpotong untuk meraut pensil terlebih dahulu. Dengan persiapan alat tulis ini besar kemungkinan kamu bisa lolos dengan waktu pengerjaan soal yang tepat atau lebih cepat.

Proses Wawancara yang Panjang

Penilaian psikotes calon karyawan baru tidak hanya berlangsung secara tertulis, namun para calon karyawan yang lolos tes pertama akan melanjutkan wawancara dengan psikolog. Ini juga masih menggunakan pihak ketiga atau bukan dari Toyota Astranya langsung.

Tips untuk mengikuti wawancara ini adalah mempelajari sedetail mungkin tentang perusahaan yang kamu lamar. Jika memiliki pengalaman terkait bidang pekerjaan yang dilamar tentu akan menjadi nilai tambah.

Selain interview bersama psikolog, kamu juga akan interview HRD jika lolos dari penilaian psikolog sebelumnya. Lanjut jika sudah lolos psikotes Toyota Astra Motor, wawancara psikolog, dan wawancara HRD maka wawancara bersama user.

Wawancara user sudah menjadi puncak seluruh rangkaian wawancara yang harus dilalui. Terakhir, penutup dari serangkaian tes yang diberikan Toyota Astra Motor adalah cek kesehatan.

Sampai sini tidak ada trik khusus untuk bisa lolos, kecuali sarapan dan minum air putih sebelum tesnya. Menjalani pola hidup sehat harus dilakukan jauh sebelum ada panggilan tes kesehatan.

Serangkaian contoh soal psikotes sudah kita bahas. Informasi tes selain psikotes Toyota Astra Motor juga sudah kita sebutkan, kini tinggal bagaimana setiap calon karyawan melatih diri dan menghadapi soalnya langsung.

5/5 - (5 votes)

Jangan lupa share ya kak :)

Updated: 20 Maret 2024

Latihan psikotes online

Immer Manalu

Seorang blogger dan penulis lepas (freelance writer), saya fokus menulis berbagai topik pada media online seperti pada blog latihanpsikotes.com untuk seputar latihan soal psikotes online.


Cek juga postingan ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berlangganan Email 👇
Loading

Kata Motivasi Hari ini