Untuk Latihan, klik 📝 Daftar Latihan Psikotes Online

Tips Mengerjakan Pauli Soal Psikotes Kraeplien, Dijamin Lolos!

Tips mengerjakan Pauli soal psikotes Kraeplien – Tes Pauli merupakan salah satu jenis psikotes kerja yang sering diberikan untuk para peserta yang merupakan calon karyawan dari suatu perusahaan. Tes ini begitu populer dan telah diujikan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tips Mengerjakan Pauli Soal Psikotes Kraeplien, Dijamin Lolos!

Tes ini sangat mengutamakan kemampuan konsentrasi dan matematika yang baik. Untuk mengerjakannya pun, peserta hanya harus menghitungkan angka-angkanya secara sederhana, yakni dengan menjumlahkan deretan angka 0-9 secara terus-menerus yang disusun secara vertikal. Oleh karena bentuk susunannya tersebut, tes Pauli juga disebut sebagai tes koran.

Baca juga: Wajib Diketahui, Inilah Tips Mengerjakan Psikotes Gambar Bagi Fresh Graduate

Pada awalnya, Prof. Dr. Richard Pauli di tahun 1982 melakukan sebuah pembaharuan pada tes Kraepelin yang telah dibuat oleh psikiater bernama Emil Kraepelin. Tes ini adalah gabungan dari karakterologi modern dan metode eksperimental. Maka dari itu, tes ini berguna dalam memahami kepribadian seorang individu.

Jenis psikotes satu ini mempunyai pemahaman bahwa setiap manusia mampu untuk berlatih dan belajar guna meningkatkan performa, motivasi, kemampuannya yang begitu penting untuk dikontrol.

Cara dan Tips Mengerjakan Pauli Soal Psikotes Kraeplien

Tes ini membutuhkan waktu 60 menit untuk mengerjakannya, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Adapun untuk cara pengerjaannya yaitu dengan menjumlahkan setiap angka satuan yang dicetak dengan urut dari atas ke bawah.

Di mana hasil yang telah dijumlahkan, hanya akan ditulis satuan saja. Contoh hasil penjumlahannya 16, maka kamu hanya menulis angka 6 saja. Lalu di setiap tiga menit sekali, peserta diimbau untuk menandainya dengan garis. Jika sudah sampai 60 menit, waktu ujian dinyatakan selesai.

Adapun elemen yang diukur dari hasil ujian ini diantaranya produktivitas kerja, konsistensi, daya tahan kerja, kemampuan dalam penyesuaian diri, sikap menghadapi tekanan, pengendalian emosi, sikap kerja, keuletan kerja, serta kecepatan dan ketelitian dalam mengerjakan pekerjaan.

Dalam mengerjakan ujian ini juga diperlukan berbagai kemampuan seperti:

  • Menghitung cepat
  • Motivasi dan kemauan yang keras
  • Fokus
  • Konsentrasi
  • Kecepatan menulis angka
  • Ketelitian
  • Energi yang prima.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam mengerjakan Tes Pauli dengan benar antara lain yaitu:

  • Karena tes ini cukup menguras otak, pastikan kamu berada di kondisi prima.
  • Perhatikan dengan cermat arahan yang diberikan pengawas dan jangan berbicara dengan teman. Sebab, pengawas biasanya akan mengarahkan tentang metode untuk mengisi penambahan. Apakah jawaban yang ditulis hanya 1 digit atau 2 digit.
  • Tetaplah untuk bersikap rileks, supaya tidak gugup dan tidak membuat kesalahan.
  • Teruslah berlatih mengerjakan soal seperti ini, supaya mahir dan terbiasa dalam ujian yang sesungguhnya.

Tujuan tes Pauli

Kelihatannya memang begitu sederhana, namun pelaksanaan tes ini nyatanya mempunyai tujuan dan maksud tertentu. Diantaranya:

  • Dengan dilaksanakannya tes ini, sang perekrut dapat mengetahui kecepatan, ketelitian, daya tahan, serta ketekunan dari sang kandidat kerja.
  • Jumlah soal dari tes Pauli ini sangat banyak, konstan, dan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Maka dari itu, banyaknya kesalahan yang terjadi, akan semakin buruk pula penilaian yang diberikan.
  • Perekrut bisa memberikan kesimpulan bahwa tingkat ketelitian, ketekunan, dan konsentrasi dari peserta untuk pekerjaan yang dilamar kurang tepat.
  • Jika mengerjakan dengan pelan juga berpengaruh pada penurunan nilai. Karena, kecepatan adalah salah satu faktor yang dinilai dalam tes Pauli.

Perbedaan Pauli dan Kraeplien

Pada umumnya tes Pauli dan Kraeplien mempunyai teknik dan cara pengerjaan yang hampir sama. Akan tetapi kedua tes ini nyatanya mempunyai beberapa perbedaan. Baik dalam hal penulisan hasil penjumlahan, jumlah lembar kerja, penandaan pergantian waktu, hingga durasi pengerjaan.

Pada tes Pauli, angka yang dijumlahkan ditulis dari atas ke bawah. Pada jangka waktu tertentu, akan ada instruksi garis, yang meminta kamu untuk memberikan garis batas terakhir dari hasil kerjaanmu. Lalu segeralah meneruskan proses penjumlahan.

Untuk durasi waktunya, tes Pauli membutuhkan waktu 60 menit yang setiap beberapa menit sekali akan ada instruksi garis. Lembar kerjanya berupa kertas seukuran koran yang setiap lembarnya telah terisi angka-angka yang dibolak-balik. Apabila sudah selesai menjumlahkan pada seluruh lembarannya, kamu bisa meminta untuk menambahkan kertas lembar kerjanya.

Sementara itu untuk tes Kraeplien angka yang dijumlahkan ditulis dari bawah ke atas. Dalam jangka waktu tertentu akan ada instruksi pindah yang mengharuskanmu untuk pindah dari kolom terakhir pada hasil yang dikerjakan. Lalu segeralah meneruskan penambahan di kolom sebelah kanan.

Untuk durasi waktunya lebih sedikit dari tes Pauli, yaitu sekitar 10-15 menit, dan setiap beberapa menit akan ada instruksi pindah. Lembar kerjanya adalah kertas A4 dan sayangnya dalam tes ini peserta tidak diperbolehkan menambah kertasnya.

Poin penting pada tes Pauli

Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dari sang penilai dalam menilai tes Pauli. Biasanya penilaian ini dilakukan oleh orang-orang yang sudah kompeten dalam melakukan penilaian. Contohnya tester, psikiater, psikolog, dan orang-orang terlatih lainnya. Adapun untuk poin-poin yang dijadikan perhatian dalam penilaian tes Pauli ini antara lain:

  • Jumlah jawaban salah
  • Jumlah jawaban benar
  • Total prestasi
  • Jumlah jawaban yang diganti
  • Jumlah kolom atau lajur yang kelewat

Itulah berbagai macam tips mengerjakan Pauli soal psikotes Kraeplien dengan mudah. Semoga penjelasan di atas bisa dijadikan inspirasi dan acuan untuk kamu yang ingin menghadapi psikotes, terutama dalam mengerjakan tes Pauli. Semoga beruntung.

Jangan lupa share ya kak :)


Cek juga postingan ini...


Coba latihan TRY OUT soal SKD CPNS 2022. Kamu bisa daftar (klik) di AYOCPNS. Gunakan Kode Promo/Referral: 52CPI3 untuk mendapatkan harga khusus. Sukses buat kamu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Berlangganan Email 👇
Loading