6 Trik Mengerjakan Tes Pauli Psikotes Paling Gampang

Tidak hanya mempersiapkan diri dalam menjawab wawancara kerja calon karyawan di perusahaan, kamu juga sebaiknya tahu beberapa trik mengerjakan tes Pauli psikotes yang akan dihadapi nanti.

Sebab meskipun terbilang sebagai salah satu jenis psikotes yang sederhana, tes Pauli  ini bisa juga terbilang sulit dan menantang bagi peserta. Oleh sebab itulah, agar kamu bisa lolos dalam rekrutmen karyawan di perusahaan, bisa menyimak tips dan trik mengerjakan soal tes Pauli dengan mudah dan tepat di artikel berikut.

6 Trik Mengerjakan Test Pauli Psikotes Paling Gampang

Bagaimana Trik Mengerjakan Tes Pauli Psikotes Paling Gampang?

Perlu kamu ketahui, bahwa tes Pauli sendiri merupakan salah satu jenis psikotes kerja yang umum diberikan kepada kandidat calon karyawan di sebuah perusahaan.

Sebagai salah satu jenis psikotes yang populer dan sudah ada sejak lama, tes Pauli ini turut mengutamakan pada skill Matematika dan konsentrasi yang baik dari para peserta.

Dalam mengerjakan tes ini, kamu hanya perlu melakukan perhitungan sederhana seperti menambahkan deret angka dari o sampai 9 secara terus menerus dari atas ke bawah.

Dikarenakan susunannya ditampilkan secara vertikal dan berurutan, tidak heran jika tes Pauli ini sering kali dikenal dengan istilah tes koran. Adapun dalam mengerjakan tes ini, biasanya membutuhkan yang namanya perhitungan yang baik, tingkat ketelitian yang tinggi, daya tahan dan dapat mengendalikan emosi ketika mengerjakan soal tersebut. Karena itulah, berikut ini ada beberapa tips dan trik dalam mengerjakan tes Pauli psikotes yang bisa kamu terapkan agar bisa lolos dan mendapatkan hasil maksimal.

1. Berlatih dan Menemukan Pola Tes Pauli

Test Pauli Psikotes

Tips dan trik yang bisa kamu lakukan dalam mengerjakan tes Pauli , yakni dengan berlatih dan menemukan pola cepat untuk menyelesaikan tes tersebut. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan banyak aplikasi di perangkat smartphone ataupun di situs website untuk berlatih mengerjakan tes Pauli nantinya.

Adapun dalam berlatih tes Pauli satu ini, pastikan kamu dapat menemukan pola cepat dan mudah untuk dapat menyelesaikannya, lantaran tes ini membutuhkan ketelitian dan kecepatan yang tinggi.

2. Usahakan Tetap Fokus dan Konsentrasi Pada Soal

Agar tes Pauli bisa dikerjakan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal, maka diperlukan ada fokus dan konsentrasi yang tinggi dalam mengerjakannya nanti. Disini, kamu sangat disarankan untuk fokus terhadap soal dan arah dari pengawas dan jangan sekali-kali mengobrol dengan teman ketika pengawas sedang memberikan arahan. Di samping itu, kamu juga perlu memusatkan pikiran dan konsentrasi penuh hanya kepada soal, dan jangan memikirkan hal lain yang dapat mengganggu pikiran dan konsentrasi kamu.

3. Menyiapkan Alat Tulis yang Memadai

Salah satu hal yang terlihat sederhana, namun penting untuk menunjang kesuksesan dalam menyelesaikan tes Pauli satu ini, yakni pastikan kamu menyiapkan segala perlengkapan alat tulis yang memadai seperti pulpen dan pensil. Kamu juga sebaiknya jangan menggunakan pensil mekanik, lantaran dikhawatirkan cepat patah dan bisa memakan banyak waktu dalam mengerjakan tes Pauli tersebut nantinya. Tidak hanya itu saja, kamu juga sebaiknya disarankan untuk membawa alat tulis lebih dari dua sebagai cadangan.

4. Dengarkan dan Kerjakan Arahan dari Pihak Penguji

Trik Test Pauli Psikotes

Meskipun kamu sudah berlatih dan terbiasa mengerjakan tes Pauli tersebut di rumah, akan tetapi juga penting untuk mendengarkan segala instruksi atau arahan dari pihak penguji. Biasanya, instruksi yang diberikan ini akan berlaku sepanjang tes lantaran pihak penguji nantinya akan memberikan aba-aba di waktu yang tidak disangka-sangka. Setelah kamu nantinya mendengarkan arahan dari pihak penguji, maka bisa langsung mengerjakan arahan yang diberikan, dan jika ada yang belum paham bisa langsung bertanya.

5. Pastikan Bersikap Tenang dan Tidak Terburu-buru

Terlepas dari tes Pauli yang membutuhkan tingkat ketelitian dan kecepatan yang baik, akan tetapi bukan berarti kamu harus mengerjakan dengan terburu-buru. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk bisa bersikap tenang dan tidak terburu-buru ketika mengerjakan tes Pauli tersebut, agar hasil tes yang diperoleh lebih maksimal. Sebab jika pikiran dan konsentrasi kamu sudah terganggu dengan hal-hal lain, besar kemungkinan kamu akan gagal dalam mengerjakan tes Pauli ini.

6. Usahakan Selalu Teliti dan Hati-hati dalam Menjumlahkan Angka

Ketika nantinya mengerjakan tes Pauli , sebaiknya kamu selalu mengedepankan ketelitian dalam menjumlahkan angka-angka yang tersedia di dalam soal tersebut. Sebab ketika kamu berhasil mengerjakannya dengan teliti dan hati-hati, bukan tidak mungkin kamu akan dapat menyelesaikan tes Pauli tersebut dengan baik karena sesuai dengan arahan dari pihak penguji. Terlebih lagi, tes Pauli ini tidak menilai dari benar atau salahnya saja, tetapi juga melihat dari kepribadian para peserta yang mengerjakannya.

Dengan mengetahui beberapa trik mengerjakan tes Pauli psikotes yang sudah dijelaskan di atas tadi, maka akan memudahkan kamu dalam mengerjakan tes tersebut dan lolos dalam rekrutmen karyawan perusahaan.

Lihat juga Contoh Soal Tes Kematangan Pribadi (TKP)

Untuk latihan dan tryout psikotes online, silakan langsung menuju website tryout.one ya

Sukses selalu!

5/5 - (4 votes)

Jangan lupa share ya kak :)

Updated: 19 Juni 2024

Latihan psikotes online

Immer Manalu

Seorang blogger dan penulis lepas (freelance writer), saya fokus menulis berbagai topik pada media online seperti pada blog latihanpsikotes.com untuk seputar latihan soal psikotes online.


Cek juga postingan ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berlangganan Email 👇
Loading

Kata Motivasi Hari ini