Contoh Soal Psikotes Alfamart Untuk Seleksi Calon Karyawan

Nah, Mempelajari contoh soal tes psikotes Alfamart merupakan langkah yang tepat untuk kamu lakukan, khususnya jika kamu ingin menjadi pegawai dari salah satu perusahaan ritel waralaba terbesar yang satu ini.

Hal ini tidak lain karena salah satu tahap seleksi yang umum dilakukan dalam proses perekrutan karyawan Alfamart adalah psikotes.

Contoh Soal Tes Psikotes Alfamart

Foto: Pexels.com

Sebelum dapat resmi bergabung sebagai karyawan di Alfamart, calon karyawan harus menjalani serangkaian tahap seleksi. Proses ini dimulai dari seleksi administrasi, tes psikotes, wawancara dengan HRD, FGD, hingga wawancara dengan user. Untuk bisa menjalani psikotes dengan baik, akan lebih baik jika kamu memahami contoh soal tes psikotes Alfamart dan mempelajarinya sebagai persiapan diri.

Baca juga Psikotes Toyota Astra Motor

Jenis dan Contoh Soal Tes Psikotes Alfamart

Alfamart, yang didirikan pada tahun 1989, telah berkembang menjadi perusahaan ritel dengan 15 ribu gerai hingga tahun 2020. Dalam upaya perekrutan pegawai yang kompeten, Alfamart menerapkan sistem seleksi dan tes di dalamnya. Tes ini memiliki sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon kandidat, yang mencakup aspek kemampuan, pengetahuan, and penampilan.

Salah satu tes yang umum digunakan, tidak hanya di Alfamart saja tetapi juga di berbagai perusahaan lainnya, adalah psikotes. Psikotes adalah jenis tes untuk mengetahui psikologi atau karakter psikologi, kepribadian, potensi diri, bahkan unsur-unsur kecerdasan seseorang.

Jenis psikotes sendiri beragam. Mulai dari tes kemampuan verbal, numerik, penalaran, kepribadian, dan lain sebagainya. Dalam mempersiapkan diri untuk menjalani tes psikotes Alfamart, berikut ini jenis dan contoh tes psikotes Alfamart yang perlu kamu pelajari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Soal Cerita Matematika

Soal matematika cerita merujuk pada pertanyaan matematika yang dihadirkan dalam bentuk cerita dengan menciptakan konteks permasalahan sehari-hari. Dalam menyelesaikan soal ini, diperlukan kemampuan berpikir logis tinggi untuk mengartikan situasi cerita menjadi bentuk matematika. Berikut ini beberapa contoh soal tes psikotes Alfamart tentang soal cerita yang bisa kamu pelajari.

  • Puteri menabung di bank sebesar Rp 200.000 dengan bunga 1 tahun sebesar 10 persen. Jumlah tabungan Puteri setelah 1 tahun adalah …
  • Andi membeli boneka dengan harga Rp 50.000. Setelah itu, boneka tersebut dijual lagi dengan harga Rp 80.000. Berapa persen keuntungan Andi?
  • Berapa umur Lala 12 tahun ke depan, jika 2 tahun yang lalu umur Lala 22 tahun?

2. Soal Operasi Hitung Sederhana

Soal operasi hitung sederhana umumnya melibatkan operasi matematika dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dengan bilangan-bilangan sederhana seperti puluhan, ratusan, dan ribuan. Peserta tes diminta untuk melakukan perhitungan dengan akurat dan efisien. Berikut ini beberapa contoh soal tes psikotes Alfamart berjenis operasi hitung sederhana untuk pembelajaran.

  • -3 + 3 = …
  • -5 x 4 = …
  • 30 : (-5) + 4 = …
  • (-4) x 3 + 22 = …

3. Soal Deret Angka

Soal deret angka melibatkan pertanyaan tentang pola dalam deret, menemukan rumus suatu deret, mencari suatu angka dalam deret, dan menentukan jumlah suatu bagian dari deret. Berikut ini beberapa contoh soal tes psikotes Alfamart tentang deret angka.

  • 2, 5, 4, 10, 8, 15, …, …
  • 0, 5, 1, 10, 2, 30, …, …
  • 480, 240, 120, 60, …, …
  • 72, 70, 67, 62, 55, …, …

4. Soal Analogi Verbal

Analogi verbal atau padanan kata adalah tes yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan seseorang dalam menginterpretasikan makna, fungsi, dan penggunaan kata yang memiliki hubungan fungsi atau analogi dengan kata-kata yang ditulis dalam huruf kapital. Untuk gambaran lebih jelasnya, berikut contoh soal tes psikotes Alfamart padanan kata yang bisa kamu pelajari.

Lapar : Makanan = …

  1. Haus : Minuman
  2. Sakit : Jiwa
  3. Patung : Memahat
  4. Seni : Pelangi
  5. Skripsi : Buku

Indonesia : Kelapa sawit = …

  1. India : Teh
  2. Arab Saudi : Minyak
  3. China : Emas
  4. Afrika selatan : Permata
  5. Pantai gading : Coklat

Minyak : Liter = …

  1. Bawang : Siung
  2. Kilogram : Daging
  3. Pisang : Tandan
  4. Lembar : Kertas
  5. Kain : Meter

Earphone : Telinga = …

  1. Topi : Kepala
  2. Tangan : Anting
  3. Laptop : Komputer
  4. Botol : Bekas
  5. Tas : Busa

5. Psikotes Lawan Kata atau Antonim

Psikotes antonim melibatkan penggunaan lawan kata atau antonim untuk menguji pemahaman terhadap kata-kata yang diberikan. Kamu harus menemukan kata-kata yang memiliki arti berlawanan. Berikut ini bentuk soal psikotes antonim yang biasa muncul.

Bhineka >< …

  1. Jarang
  2. Satu jenis
  3. Berbeda
  4. Beragam
  5. Berhenti

Vokal >< …

  1. Patuh
  2. Oval
  3. Pendiam
  4. Konsonan
  5. Fokus

Kendala >< …

  1. Hambatan
  2. Rintangan
  3. Pendukung
  4. Ujian
  5. Halangan

Rejeksi >< …

  1. Penolakan
  2. Penerimaan
  3. Suntikan
  4. Panggilan
  5. Penghancuran

6. Tes Karakteristik Pribadi

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah evaluasi kemampuan individu dalam aspek-aspek seperti kecakapan sosial dan budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta elemen lain yang berkaitan dengan tingkah laku profesional. Dalam tes ini, tidak ada hasil benar atau salah, hanya saja kriteria setiap perusahaan bisa saja berbeda-beda.

Jadi, kamu tidak perlu terlalu memikirkan jawaban mana yang paling tepat. Pilih yang sesuai dengan kepribadianmu sendiri dan jawab dengan jujur. Berikut ini beberapa contoh soal tes psikotes Alfamart karakteristik pribadi.

  • Pada hari libur, kamu diminta untuk menjadi narasumber dalam pelatihan. Respons apa yang akan kamu berikan?
  1. Tidak akan menerima tawaran tersebut
  2. Menerima penawaran jika gaji yang ditawarkan sangat besar.
  3. Menerima tawaran tersebut
  4. Membutuhkan waktu lama untuk memikirkannya
  5. Akan saya limpahkan kepada orang lain
  • Alfamart memberi tugas kepada setiap karyawan untuk mengirimkan laporan setiap akhir bulan. Bagaimana sikapmu?
  1. Selalu mengirim tugas pada akhir bulan
  2. Selalu mengirim tugas pada awal bulan
  3. Sering mengirim tugas sebelum akhir bulan
  4. Tidak pernah mengirimkan laporan
  5. Protes karena kantor membebani karyawannya
  • Apabila berada dalam kelompok teman yang kurang produktif, bagaimana tindakan yang akan Anda ambil?
  1. Memberitahukan keadaan tersebut kepada atasan
  2. Mendorong teman untuk bekerja sama. Jika tidak berhasil, akan dilaporkan kepada atasan
  3. Mengajukan usulan agar teman pindah ke kelompok lain
  4. Membiarkan situasi tetap seperti itu selama tidak mengganggu anggota kelompok lain
  5. Merasa frustrasi dan kehilangan motivasi untuk bekerja
  • Kamu menerima teguran dari atasan di Alfamart karena ketidakmampuan bekerja secara tim. Bagaimana sikap yang akan kamu tunjukkan?
  1. Menerima teguran itu dan berubah
  2. Menerima teguran tersebut dan tidak berubah
  3. Membiarkannya
  4. Menganggap atasan terlalu banyak tingkah
  5. Tidak memedulikannya

Dengan memahami jenis dan contoh soal tes psikotes Alfamart di atas, harapannya kamu bisa menjalani tes dengan baik dan mendapatkan nilai maksimal. Kamu juga bisa mencari berbagai contoh soal lain, baik melalui internet atau buku latihan soal psikotes tertentu untuk latihan sendiri.

Try out psikotes online

Nah, untuk latihan soal psikotes dan tryout psikotes, bisa kerjakan pada website tryout.one yang terdiri dari berbagai latihan soal-soal psikotes online.

Baca juga Psikotes United Tractors

5/5 - (14 votes)

Jangan lupa share ya kak :)

Updated: 20 Maret 2024

Latihan psikotes online

Immer Manalu

Seorang blogger dan penulis lepas (freelance writer), saya fokus menulis berbagai topik pada media online seperti pada blog latihanpsikotes.com untuk seputar latihan soal psikotes online.


Cek juga postingan ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berlangganan Email 👇
Loading

Kata Motivasi Hari ini