Untuk Latihan, klik Daftar Latihan Psikotes Online

Apakah Soal Psikotes Selalu Sama dari Waktu ke Waktu

Apakah soal psikotes selalu sama dari waktu ke waktu menjadi pertanyaan dari banyak orang yang akan menjalani psikotes. Pasalnya banyak orang yang berlatih soal psikotes untuk mempersiapkan diri dalam proses seleksi di salah satu perusahaan.

Soal psikotes memiliki peran penting dalam menentukan pelamar sesuai dengan kriteria yang dicari. Tes psikotes ini dilakukan untuk menyaring para pendaftar untuk mendapatkan pekerja yang benar-benar sesuai. Hal ini agar karyawan tersebut dapat membantu dalam kemajuan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Apakah Soal Psikotes Selalu Sama dari Waktu ke Waktu

Soal psikotes ini memiliki fungsi untuk mengetahui kecerdasan, minat, kemampuan, bakat dan beberapa hal lainnya terkait seseorang. Dalam psikotes juga memiliki berbagai macam jenis dan tujuan masing-masing.

Pertanyaan seperti apakah soal psikotes selalu sama dari waktu ke waktu pun dapat kamu pahami dengan membaca beberapa hal  mengenai jenis soal psikotes dibawah ini.

Tes verbal

Tes verbal dalam psikotes digunakan untuk mengetahui kemampuan dan karakter seseorang. Dalam tes ini biasanya materi berisikan tes padanan kata, tes persamaan kata, tes lawan kata, tes analogi dan lain sebagainya. Selain itu, biasanya yang diujikan pun berupa pengetahuan umum serta bahasa.

Tes kuantitatif

Tes kuantitatif biasanya berisikan deretan angka dan huruf, tes konsep aljabar, tes logika, tes aritmatika dan tes matematika berpola. Jika dilihat sekilas, soal yang diberikan seperti tes berhitung pada umumnya.

Pembedanya dengan tes berhitung yaitu pada akurasi, kecepatan dan ketelitian yang akan menjadi ukuran dalam penilaiannya. Kamu tidak perlu menghafal banyak rumus sulit karena untuk menjawab soal-soalnya hanya membutuhkan ketelitian.

Tes persepsi gambar

Selanjutnya jenis psikotes yaitu tes persepsi gambar atau biasanya dikenal dengan tes logika. Tes ini berisikan beberapa gambar yang memiliki pola pada tiap soalnya.

Soal yang diberikan pun banyak macamnya seperti identifikasi atau pengelompokkan, seri gambar, memadukan gambar dan membedakan gambar. Tes ini memiliki tujuan untuk melatih imajinasi, ketelitian dan kemampuan membaca pola.

Tes penalaran

Tes penalaran terdiri dari analisis dan penalaran logis yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami, menganalisis, mencerna dan mengungkapkan sesuatu yang disembunyikan dengan kesimpulan yang masuk akal.

Penalaran juga sangat diperlukan dalam dunia kerja terutama ketika menghadapi suatu masalah.

Tes angka berkolom

Tes ini berisikan angka dan kolom sebagai materi dasar yang bertujuan untuk mengukur ketelitian, kecepatan penyelesaian soal dan konsistensi dalam hal kekuatan atau ketahanan dalam menyelesaikannya.

Tes spasial

Tes spasial berisikan beberapa gambar yang memiliki irama dan gambar yang tidak memiliki irama. Tes ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan seseorang untuk melihat dan memanipulasi potongan figur di dalam ruang.

Tes questioner

Questioner memiliki fungsi untuk mengetahui kepribadian seseorang. Tersedia pernyataan atau pertanyaan yang berisikan dua jawaban Ya dan Tidak. Kamu diperintah untuk memilih salah satu diantara dua jawaban yang sesuai dengan kepribadian kamu.

Tes wartegg

Tes ini biasanya berisikan 8 gambar berupa segi empat. Dari masing-masing segi empat tersebut berisikan tanda yang akan membentuk gambar baru dan memiliki arti baru pula.

Itulah beberapa hal mengenai soal psikotes yang akan membantu kamu dalam melaksanakan seleksi. Jadi jawaban dari pertanyaan apakah soal psikotes selalu sama dari waktu ke waktu yaitu sama pada polanya. Tetapi hanya saja dikemas dengan bentuk soal yang berbeda.

5/5 - (1 vote)

Jangan lupa share ya kak :)


Cek juga postingan ini...


Coba latihan TRY OUT soal SKD Sekolah Kedinasan 2022. Kamu bisa daftar (klik) di AYOCPNS. Gunakan Kode Promo/Referral: 52CPI3 untuk mendapatkan harga khusus. Sukses buat kamu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.