Latihan Tes Psikotes Acak Kata

Apakah kamu sudah pernah mendengar atau mengerjakan soal-soal acak kata? Latihan tes psikotes acak kata ini sudah pernah di bahas pada postingan sebelumnya di Contoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci JawabanSeperti apa itu tes psikotes acak kata? Nanti kita akan mengerjakan latihan tes psikotes acak kata serta cara menjawabnya.

Yang namanya acak kata berarti ada kata yang diacak yang tidak beraturan untuk mencari jawaban lewat acak kata tersebut. Salah satu tujuan tes psikotes acak kata adalah untuk melatih cara logika berpikir (logika penalaran) seseorang dan juga bagaimana seseorang konsentrasi dalam mengerjakan soal tersebut.

Latihan Tes Psikotes Acak Kata

Dalam mengerjakan soal psikotes acak kata, kamu perlu memperhatikan pola dan urutan di dalam kata tersebut. Ketika kamu sudah mendapatkan pola yang benar, maka kamu pasti dapat mengerjakan soal acak kata dengan gampang.

Berikut ini contoh soal psikotes acak kata dan cara menjawabnya:

Contoh soal:

Kereta ( Tagan ) Gantung | Nuansa ( . . . . . ) Denah

a. Asden
b. Sanah
c. Saden
d. Saned

Sekilas jika dilihat dari jawabannya maka akan sangat membingungkan ketika belum tau pola mengerjakannya. Menurut kamu yang mana jawaban pada contoh latihan tes psikotes acak kata diatas? Mari kita lihat bagaimana cara menjawabnya dengan benar dan tepat.

Cara menjawabnya adalah:

  1. Abaikan makna soal diatas (tidak usah terkecok dengan makna soal karena itu tidak penting)
  2. Yang penting disini adalah pola
  3. Perhatikan arah huruf (dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri)

Kereta ( Tagan ) Gantung | Nuansa ( . . . . . ) Denah

Pertama fokus dulu ke warna oranye yaitu Tagan. Setelah itu kita cari polanya dari mana dapat kata Tagan tersebut. Dari contoh soal diatas, kata Tagan didapat dari perpaduan antara 2 huruf (ta) terakhir Kereta (dari kiri ke kanan) dan 3 huruf (gan) pertama Gantung (dari kiri kenan).

Kereta ( Tagan ) Gantung | Nuansa ( . . . . . ) Denah

Sekarang setelah dapat polanya, maka perpaduan yang sama antara Nuansa dan Denah adalah Saden. Jadi jawaban yang paling tepat pada contoh soal psikotes acak kata diatas adalah c.

Satu lagi contoh psikotes acak kata yang berlawanan arah.

Jamrud ( Majan ) Dagelan | Budi ( . . . . .  ) Pekerti

a. Dubep
b. Budit
c. Dubit
d. Dubti

Apa kira-kira jawabannya? Kembali kita melihat pola pada contoh soal psikotes acak kata diatas.

Dari kata kunci Majan, didapat dari perpaduan Jamrud dan Dagelan yang diambil dari 3 huruf pertama Jamrud (dari kanan ke kiri) dan 2 huruf terakhir Dagelan (dari kiri ke kanan). Jadi jelas dengan pola yang sama untuk perpaduan kata Budi dan Pekerti adalah Dubti, maka jawabannya adalah d.

Demikian kira-kira cara menjawab untuk latihan tes psikotes acak kata diatas. Sekarang mari kita masuk ke latihannya untuk mengukur pemahaman kamu mengenai latihan tes psikotes acak kata dalam menghadapi ujian psikotes kerja. Selamat mengerjakan ya. Hanya terdapat 20 soal psikotes acak kata.

[Updated] Hai kak, latihan ini sudah dimuat di website TRYOUT.ONE ya.

Nantikan file download contoh soal psikotes acak kata diatas ya, akan segera admin update.
(Update: Download Soal Psikotes Acak Kata Pdf)

4.8/5 - (29 votes)

Baca: Tes Kemampuan Spasial Gambar

Foto credit: shutterstock
Do not copy




Jangan lupa share ya kak :)

Immer Manalu

Seorang blogger dan penulis lepas (freelance writer), saya fokus menulis berbagai topik pada media online seperti pada blog latihanpsikotes.com untuk seputar latihan soal psikotes online.