Contoh Soal Psikotes Paling Sering Keluar

Contoh soal psikotes paling sering keluar banyak menjadi incaran pencarian orang yang akan menjalani seleksi pegawai.

Soal psikotes berfungsi sebagai pengenal atau mengetahui karakter seseorang seperti intelejensi atau attitude personality interest.

Biasanya soal psikotes diberikan ketika seseorang mengikuti seleksi melamar pekerjaan di salah satu perusahaan atau instansi.

Contoh Soal Psikotes paling sering keluar

Sebelum melakukan tes, sebaiknya perbanyak berlatih contoh soal-soal terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar kamu mengetahui pola yang diberikan dari setiap soal karena masing-masing soal memiliki pola tersendiri dan berbeda-beda.

Beberapa contoh soal psikotes paling sering keluar untuk membantu pemahaman kamu.

Tes Kraepelin

Tes Kraepelin atau biasanya disebut juga dengan tes koran. Tes ini merupakan salah satu jenis soal psikotes yang sering keluar. Tes kraepelin berisikan susunan angka yang membentuk sebuah grafik.

Contoh Soal Psikotes Paling Sering Keluar Tes Kraepelin

Foto: utakatikotak.com

Dalam pengerjaannya, biasanya tidak diberikan waktu karena tes kraepelin memiliki jumlah yang cukup banyak. Karena jumlahnya, kamu tidak diharuskan menjawab semua soal yang diberikan.

Tes ini biasanya digunakan untuk mengukur performa maksimal dari seseorang atau calon pegawai. Maka penilaian atau interpretasinya didasarkan pada hasil tes secara objektif. Aspek yang dinilai dari tes ini yaitu keuletan, penyesuaian diri, emosi dan stabilitas diri.

Tes Logika

Tes logika dalam soal psikotes memiliki tujuan untuk mengetahui dan menguji kemampuan seseorang berfikir sesuai nalar.

Jika seseorang tersebut mendapatkan nilai yang tinggi dalam tes logika, maka hal itu berarti bahwa seseorang tersebut memiliki daya nalar yang tinggi dalam menganalisa suatu masalah yang terjadi.

Tes logika dibagi menjadi tiga jenis tes yaitu tes kuantitatif, tes verbal dan tes spasial. Dalam melakukan tes logika, kamu akan diberikan durasi waktu tertentu untuk menyelesaikan semua soal yang diberikan.

Tes Epps

Selanjutnya yaitu tes epps yang sering muncul dalam soal psikotes.

Tes EPPS

Foto: psikologimultitalent.com

Tes epps lebih cenderung membuat peserta memilih salah satu dari dua indikator yang tertera di dalam soal. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kepribadian kamu ketika akan dihadapkan pada suatu masalah atau persoalan.

Tes ini memiliki patokan dalam penilaiannya yaitu ketahanan, kerapihan, melindungi, perubahan, memahami orang lain, heteroseksual, afiliasi, prestasi, dominasi, pusat perhatian, dukungan, kerendahan hati, otonomi, rasa hormat dan agresi.

Dalam mengerjakan tes epps, pastikan kamu sudah memahami dan mencermati instruksi yang diberikan. Kamu harus benar-benar paham jenis indikator yang diminta karena hal ini berkaitan dengan jawaban yang memiliki skor paling tinggi.

Selain itu, pastikan mengatur waktu dengan benar dalam setiap soalnya karena dalam tes ini tidak memberikan waktu yang banyak.

Tes Wartegg

Tes selanjutnya yang sering keluar yaitu tes wartegg.

Tes wartegg contoh soal psikotes

Foto: Kumparan.com

Tes ini pengerjaannya yaitu melengkapi antara gambar satu dan gambar lainnya. Soal yang diberikan biasanya berupa 8 kotak yang berisikan gambar dan makna berbeda-beda.

Gambar tersebut seperti garis kurva, tiga garis sejajar, titik, garis lengkung yang cukup besar dan kotak kecil berwarna hitam.

Selama pengerjaan soal, peserta akan diberikan waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikan jenis tes ini. Jadi pastikan menyelesaikan semua soal dengan tepat waktu. Dan jika dirasa masih ada waktu yang tersisa, periksa kembali soal-soal yang telah dijawab.

Gambar

Gambar merupakan jenis tes yang sering dijumpai pada soal psikotes. Pasalnya dalam soal psikotes gambar, kamu diharuskan menebak gambar yang tepat selanjutnya.

Tes ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana logika kamu.

Dalam soal akan diberikan hanya satu gambar yang tepat dan gambar lainnya menjadi pengecoh karena memiliki kemiripan yang hampir sama. Kamu harus memperhatikan dengan cermat deretan gambar yang tersedia.

Itulah beberapa contoh soal psikotes paling sering keluar ketika menjalani perekrutan pegawai pada salah satu instansi atau perusahaan. Perbanyak latihan soal agar dapat menjawab dengan mudah dan benar.

Kamu bisa berlatih soal-soal psikotes seperti psikotes numerik, deret angka, spasial, kemampuan verbal, dsb pada daftar latihan psikotes di menu website ini.

Sukses selalu ya!

Sharing is caring!


Hello adik-adik calon ASN, sesuai informasi dari BKN (dikdin.bkn.go.id), Pendaftaran Sekdin dibuka mulai awal April 2022. Sementara ujian SKD nya bulan Mei - Juni 2022 (tentatif). Supaya persiapan kamu makin ok, kamu bisa latihan lewat TRY OUT soal SKD Sekolah Kedinasan 2022. Kamu bisa daftar (klik) di AYOCPNS. Gunakan Kode Promo/Referral: 52CPI3 untuk mendapatkan harga khusus. Sukses buat kamu ya!

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *